Pengertian dan fungsi DNS (Domain Name System)

- 3/25/2017 04:28:00 AM

Pengertian dan fungsi DNS (Domain Name System)

 
Apa yng dimaksud yang dengannya DNS ?
DNS ataupun Domain Name System merupakan sebuah system dimana berita dari nama domain serta nama host tersimpan dalam bentuk database. DNS akan memberikan alamat IP address pada setiap nama host serta domain.
Lebih singkatnya pengertian dari DNS merupakan sebuah nama yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mentransmisikan alamat ip server. Ataupun yang dengannya kata lain DNS merubah alamat ip menjadi sebuah nama domain (semisal:www.google.com, www.facebook.com)
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi VPN (Virtual Private Network)
Apa Fungsi dari DNS pada jaringan komputer?
Fungsi dari DNS sendiri merupakan membuat mudah pemakain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghafal serta mengakses alamat web server tertentu. SEbagai semisal orang akan kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghafal setiap ip address dari web server tertentu. semisal halnya pada google.com, www.google.com mempunyai ip address 74.125.200.101 menjadikan pemakain akan lebih gampang menghafal sebuah nama domain www.google.com daripada menghafal ip addressnya.

DNS umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk layanan nama domain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyelesaikan permintaan nama-nama website menjadi alamat ip yang dengannya tujuan menemukan layanan komputer dan perangkat diseluruh dunia.
Pendapat dari Blogger Ecgalery, Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer mempergunakan HOSTS files yng berisi berita dari nama komputer serta IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat serta di setiap loaksi Perlu di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini mampu dibayangkan betapa repotnya andai ada penambahan satu komputer di jaringan, maka kita Perlu copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi.
Yang dengannya semakin meluasnya jaringan internet, hal ini semakin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, yang dengannya kelebihan unlimited database size, serta performace yng baik.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi DHCP pada Jaringan Komputer
Prinsip Dasar dari DNS
Domain Name System dipergunakan menjdai mesin pencari nama komputer dijaringan yng mempergunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)
Baca Pula: Tips Kerja DNS (Domain Name System)
DNS biasannya dipakai pada aplikasi-aplikasi tertentu yng terhubung yang dengannya jaringan internet semisal web browser serta web mail, dimana DNS akan membantu user dalam memetakan host name sebuah komputer ke ip address.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan fungsi DNS (Domain Name System)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan fungsi DNS (Domain Name System)