Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer

- 3/24/2017 11:51:00 PM

Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer

 
Pengertian Mac Address pada Jaringan Komputer
Mac Address ataupun Media Access Control Address merupakan sebuah alamat jaringan yng berada pada lapisan data link layer pada lapisan model OSI. Alamat ini berisi kode unik yng diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiap bagian dari perangkat keras jaringan komputer yng terhubung pada jaringan internet. Mac Address umumnya terdapat atau terletak pada perangkat semisal LAN Card, Router, Wireless Card serta perangkat lain yng menjadi mampu terhubung yang dengannya jaringan internet.
Baca Pula: Pengertian serta Tugas Internet Protocol pada Jaringan Komputer
Dalam sebuah komputer Mac Address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (umumnya terdapat atau terletak pada LAN Card ataupun NIC Card serta wireless network Card. Mac Address sendiri mempunyai panjang 48 bit yng diberikan secara unik pada perangkat keras jaringan menjadikan masing-masing perangkat jaringan mempunyai Mac Address yng tak mungkin percis yang dengannya perangkat yng lain. MAC terdiri atas 12 digit bilangan heksadesimal (0 s/d F), 6 digit pertama merepresentasikan vendor pembuat kartu jaringan.
Semisal Mac Address: 02-00-4C-4F-F0-50
Baca Pula: Penjelasan Kode-kode yng Terdapat Pada Mikrotik RouterBoard
Fungsi Mac Address pada Jaringan Komputer
Mac Address berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengidentifikasi perangkat keras jaringan komputer menjadikan perangkat mampu berkomunikasi. Lantaran keunikan Mac Address yang telah di sebutkan maka jaringan komputer bisa diidentifikasi siapa yng mengakses sebuah jaringan.
Baca Pula: Fitur-fitur Mikrotik Router
Tatacara gampang melihat Mac Address pada komputer
Disaat kita mempergunakan system operasi windows maka tatacara paling gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat Mac address yng ada pada komputer kita merupakan melalui Command Prompt (CMD) yang dengannya mengetikan ipconfig/all.

Dari gambar diatas mampu disimpulkan bahwasanya andai komputer mempunyai 2 jalur bagi atau bisa juga dikatakan untuk akses jaringan internet maka komputer yang telah di sebutkan mempunyai MAC Address berjumlah dua.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer