Pemasangan Wifi Lebih dari Satu Harus melihat Channel

- 4/01/2017 02:40:00 AM

Pemasangan Wifi Lebih dari Satu Harus melihat Channel

 
Era ini telah menjadi hal biasa pemasangan wifi di rumah-rumah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membagikan akses internet yang dengannya keluarga ataupun sahabat lantaran kepraktisan serta harga perangkat yng makin terjangkau. (berbeda yang dengannya dulu wifi yng cuma ada di hotel, kampus ataupun tempat khusus lain-lainnya. saat ini telah menjadi hal yng umum, serta kita bisa yang dengannya gampang melakukan pemasangan serta setting sendiri).
Disaat kamu memasang wifi di rumah ataupun dimana saja lebih dari satu perangkat secara berdekatan, maka yng Perlu diperhatikan merupakan channelnya, lantaran kesalahan pemilihan channel akan memicu koneksi menjadi lambat ataupun Amat lambat, lantaran terlaksana saling interferensi dari masing-masing wifi yang telah di sebutkan.
Umumnya kalau kita mengeset/memasang wifi, jarang memperhatikan channel, kita cuma mengeset SSID (nama wifi), koneksi ke Internetnya/memilih provider, serta mengeset password. Sedangkan channel tak diset lantaran setting bawaan dari perangkatnya telah diset secara Atomatis.
Hal yang telah di sebutkan di atas tak masalah kalau tak ada perangkat wifi lain yng berdekatan. serta/ataupun kamu cuma akan memasang satu perangkat wifi.
Disaat setting Channel berada pada automatic semisal di atas, maka disaat ada perangkat wifi yng berdekatan, perangkat wifi kamu akan secara otomatis memilih channel yng tak dipakai, namun pada kenyataannya (mungkin bergantung merk/brand pula) auto channel tak optimal masih terlaksana interferensi malah terlaksana tumpang tindih (menempati chanel yng percis yang dengannya wifi yng telah ada), menjadikan koneksi menjadi tak stabil malah putus percis sekali.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk solusinya Perlu diset channel secara manual. Login ke router akses point/wifi kamu, umumnya ada pada menu wireless. lantas set channelnya pilih ke channel manual,
Pada wifi yang dengannya standard 802.11 b,g,n yng berada di frekwensi 2,4 GHz mempunyai channel 1 hingga 14.
Kalau kamu akan memasang 2 ataupun 3 perangkat wifi, pilih Channel 1, 6, 11 lantaran antara channel-channel yang telah di sebutkan tak terlaksana interferensi.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jelasnya mengenai hubungan antar channel pada Wi-fi 2,4 GHz bisa dilihat pada grafik berikut:
Grafik Chanel Wifi 2,4 GHz

Lebar frekwensi masing-masing channel merupakan 22 MHz,
Jadi yng aman tanpa interferensi bagi atau bisa juga dikatakan untuk 3 Channel merupakan :
1,6,11
ataupun
2, 7,12
ataupun
3,8,12 serta seterusnya
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui di area kamu apakah ada sinyal wifi serta ingin mengetahui bekerja di channel berapa, tidak sedikit tool ataupun software bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan ini.
Di antaranya yng paling gampang, praktis serta hasil analisanya tidak jelek alias bagus (saya mempergunakan Android) yakni software android Wifi Analizer, tinggal masuk ke Play Store download serta instalkan.
Wifi Analizer for Android
Semisal capture di atas, ada dua wifi SSID, masing-masing menempati Channel 1 serta 6.
Dari semisal di atas kalau kita mau menambahkan/ memasang wifi maka Perlu memilih channel 11.

Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Pemasangan Wifi Lebih dari Satu Harus melihat Channel

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pemasangan Wifi Lebih dari Satu Harus melihat Channel