Pengertian RIP (Routing Information Protocol)

- 4/03/2017 05:27:00 AM

Pengertian RIP (Routing Information Protocol)

 
Feriantano S Education Senin, 30 Desember 2013 13.48 RIP (Router Information Protocol) merupakan Routing protokol yng mempergunakan algoritma distance vector, yakni algortima Bellman-Ford. Pertama kali dikenalkan pada tahun 1969 serta adalah algoritma routing yng pertama pada ARPANET. Versi awal dari routing protokol ini dibuat oleh Xerox Parc’s PARC Universal Packet Internetworking yang dengannya nama Gateway Internet Protocol. Lantas diganti nama menjadi Router Information Protocol (RIP) yng adalah bagian Xerox network Services.
Pengertian RIP (Routing Information Protocol) - TutorialCaraKomputer.com
RIP yng adalah routing protokol yang dengannya algoritma distance vector, yng menghitung jumlah hop (count hop) menjdai routing metric. Jumlah maksimum dari hop yng diperbolehkan merupakan 15 hop. Tiap RIP router saling tukar berita routing tiap 30 detik, melalui UDP port 520. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari loop routing, dipakai teknik split horizon with poison reverse. RIP adalah routing protocol yng paling gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di konfigurasi.

RIP Mempunyai 3 Versi

  1. RIPv1 adalah bagian dari distance vektor yng mencari hop terpendek ataupun router paling baik,rip versi 1 pula adalah class pul routing.
  2. RIPv2 adalah bagian dari distance vektor yng mencari hop terpendek ataupun router paling baik,rip versi2 pula adalah class list routing.
  3. RIPng

Kelebihan RIP

  1. Mempergunakan metode Triggered Update.
  2. RIP mempunyai timer bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui kapan router Perlu kembali memberikan berita routing.
  3. Andai terlaksana perubahan pada jaringan, sementara timer belum habis, router tetap Perlu mengirimkan berita routing lantaran dipicu oleh perubahan yang telah di sebutkan (triggered update).
  4. Mengatur routing mempergunakan RIP tak rumit serta memberikan hasil yng cukup bisa diterima, berlebi andai jarang terlaksana kegagalan link jaringan.

Kekurangan RIP

  1. Jumlah host Dibatasi
  2. RIP tak mempunyai berita perihal subnet setiap route.
  3. RIP tak mendukung Variable Length Subnet Masking (VLSM).
  4. Disaat pertama kali dijalankan cuma mengetahui tips routing ke dirinya sendiri (berita lokal) serta tak mengetahui topologi jaringan tempatnya berada
  5. Hop CountRIP menghitung routing paling baik didasari hop count dimana belum tentu hop count yng rendah mempergunakan protokol LAN yng tidak jelek alias bagus, serta bisasaja RIP memilih jalur jaringan yng lambat.
  6. Hop Count Limit RIP tak bisa mengatur hop lebih dari 15. Hal ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah loop pada jaringan.
  7. Classful Routing Only RIP mempergunakan classful routing ( /8, /16, /24 ). RIP tak bisa mengatur classless routing.
Pengertian RIP (Routing Information Protocol) Title: Pengertian RIP (Routing Information Protocol) Date: 2013-12-30T13:48:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian RIP (Routing Information Protocol)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian RIP (Routing Information Protocol)