Cara Kerja DNS ( Domain Name System )

- 5/22/2017 08:33:00 PM

Cara Kerja DNS ( Domain Name System )

 
Apa yng dimaksud yang dengannya DNS (Domain Name System) pada jaringan komputer?
DNS ataupun Domain Name System merupakan sebuah system yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menterjemahkan alamat IP sebuah komputer server menjadi sebuah nama domain maupun sebaliknya yakni DNS akan menerjemahkan sebuah nama domain menjadi alamat IP.
Menjdai pemakain internet tentu kita tak asing lagi yang dengannya yng namanya domain, lantaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari berita diinternet kita akan mengunjungi situs-situs ataupun website yang dengannya nama domain yng berbeda-beda (Semisal: google.com, yahoo.com, blogspot.com, facebok.com,twitter.com dan juga lain-lainya). DNS akan membuat mudah kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakses alamat IP address dari sebuah server yng menyediakan berita menjadikan disaat kita mengetikkan google.com maka akan otomatis menuju ke alamat IP yng dimiliki oleh google.

Sebelum adanya DNS (Domain Name System) jaringan komputer mempergunakan file HOSTS yng berisi nama komputer serta alamat IP dari komputer yang telah di sebutkan. File HOSTS ini Amat menyulitkan user lantaran selain user Perlu menghafal IP serta nama komputer, user pula Perlu copy versi terbaru dari file HOSTS disetiap lokasi jaringan internet. Tentunya ini akan Amat merepotkan pemakain internet, bagi atau bisa juga dikatakan untuk ini DNS diciptakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan peran dari file HOSTS.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi NAT (Network Address Translation)
Apa fungsi dari DNS (Domain Name System) pada jaringan komputer?
DNS ataupun Domain Name System berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menerjemahkan alamat IP komputer server menjari sebuah domain ataupun sebalinya yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah user menghafal serta mengakses berita dari server-server tertentu.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi FTP (File Transfer Protocol)
Bagaimana tatacara kerja DNS (Domain Name System) pada jaringan komputer?
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berjalan DNS memerlukan beberapa program tambahan yakni resolver. Resolver merupakan program tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer client agas mampu terhubung yang dengannya DNS server.
Program Resolver yng dipakai merupakan web browser ataupun mail client. menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa mengakses DNS server user Perlu berlebi dahulu menginstall web browser ataupun mail client pada komputer orang-orang. Web browser yng paling Suka dipakai merupakan google chrome, mozilla firefox, opera serta lain-lain. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

  • DNS resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS. Andai alamat host yng dicari telah didapati serta diberikan, maka proses selesai.
  • DNS resolver melakukan pencarian pada data cache yng telah dibuat oleh resolver bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya. Bila ada, lantas disimpan dalam data cache lalu hasil nya diberikan serta selesai.
  • DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yng sudah ditentukan oleh pemakain.
  • Server DNS ditugaskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari nama domain pada cache-nya.
  • Andaikan nama domain yng dicari oleh server DNS tak didapati, maka pencarian di lakukan yang dengannya melihat file database (zones) yng dimiliki oleh server.
  • Andaikan masih tak didapati, pencarian di lakukan yang dengannya menghubungi server DNS lain yng masih terkait yang dengannya server yng dimaksud. Andai telah didapati lantas disimpan dalam cache lalu hasil nya diberikan.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Cara Kerja DNS ( Domain Name System )

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Kerja DNS ( Domain Name System )