Bagian - Bagian Komponen Speaker

- 6/24/2017 08:46:00 AM

Bagian - Bagian Komponen Speaker

 
Feriantano S Education Kamis, 08 Mei 2014 07.33 Bagian - Bagian Komponen Speaker - TutorialCaraKomputer.com
Penggunaan loudspeaker hampir tidak bisa dijauhkan dari ke hidup-an sehari-hari, mulai dari loudspeaker di tempat ibadah sampai-sampai speaker pada komputer. Pengertian loudspeaker bisa dideskripsikan menjdai alat, perangkat elektronika terbuat dari logam serta terbentuk dari membran, kumparan dan magnet menjdai bagian yng saling melengkapi satu percis lain. (Baca : Pengertian, Sejarah, Fungsi serta Jenis - Jenis Speaker)
Fungsi speaker dasarnya memang merupakan merupakan merubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang getaran ataupun bunyi. Proses perubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi yang telah di sebutkan bisa terlaksana lantaran sirkulasi listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan serta di kenai pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai yang dengannya kuat lemahnya arus listrik yng diterima, maka getaran yng diperoleh pada membran akan mengikuti serta jadilah gelombang bunyi yng bisa kita dengarkan.
Secara umum jenis speaker dibedakan berdasar kualitas tinggi rendah bunyi yng diperoleh (output bunyi) serta kemampuannya dalam mereproduksi sinyal audio, yakni :
1. Woofer
Speaker yang dengannya output nada rendah (bass).
2. Midrange
Speaker yang dengannya nada menengah (middle) menjdai outputnya.
3. Twitter
Speaker yng diproduksi secara khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mereproduksi sinyal audio berupa nada tinggi (treble).
4. Fullrange
Jenis speaker yng bisa atau mampu mereproduksi sinyal audio pada seluruh range gelombang frekuensi audio.
5. Horn
Jenis speaker yng diproduksi khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mereproduksi sinyal audio pada range gelombang frekuensi vokal kita-kita.

Bagian - Bagian Komponen Speaker


1. Conus (sekat rongga)
Berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan gelombang tekanan akibat gerakan udara di sekitarnya yng penyebabnya yaitu oleh gerakan kumparan. Gelombang ini dia yng kita dengar menjdai bunyi.
2. Membran
Berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan induksi dari magnet menjadikan menghasilkan bunyi menjdai akibat dari getarannya.
3. Magnet
Berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menginduksi membran serta menghasilkan medan magnet.
4. Kumparan
Fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalirkan energi gerak kepada conus. Perubahan medan magnet di dalam speaker akan memicu kumparan bergerak menjdai akibat interaksi yang dengannya medan konstan magnet.
Bahan penyusun speaker sebagian besar merupakan logam menjdai casingnya akan tetapi conus menjdai satu dari sekian banyaknya bagian speaker bisa terbuat dari beberapa jenis bahan, kertas (press paper serta non press paper), plastik (plypropylene, mica, polycarbonate), logam (titanium, tembaga, berrylium), serta composite (bahan campuran, misalnya carbon fiber, honeycomb serta optical fiber Kevlar). Bagian - Bagian Komponen Speaker Title: Bagian - Bagian Komponen Speaker Date: 2014-05-08T07:33:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Bagian - Bagian Komponen Speaker

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bagian - Bagian Komponen Speaker