Bagian - bagian Utama Protokol pada Jaringan Komputer

- 6/21/2017 02:17:00 AM

Bagian - bagian Utama Protokol pada Jaringan Komputer

 
Protokol adalah bagian terpenting dalam jaringan komputer. Protokol sendiri adalah format standar yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur seluruh perangkat komputer baik hardware ataupun software bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menciptaan komunikasi yng baik. Kita tahu bahwasanya jenis-jenis protokol yng umum dipakai pada era ini meliputi:
  1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol serta HTTPS (Hiper Text Transfer Protocol Secure) bagi atau bisa juga dikatakan untuk layanan berbasis web.
  2. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) bagi atau bisa juga dikatakan untuk layanan pengiriman email
  3. FTP (File Transfer Protocol) Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Layanan pengiriman (unggah serta unduh) file
  4. TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) menjdai pasangan protokol yng umum dipakai diinternet.
Adapun yng Perlu diketahui adanya 3 bagian terpenting pada protokol. Ketiga bagian terpenting yang telah di sebutkan meliputi: Service Access Point (SAP), Service Data Unit (SDU) serta Protocol Data Unit (PDU).
1. Service Access Point (SAP)
SAP ataupun singkatan dari Service Access Point adalah protokol yng berfungsi menjdai tatap muka (interface) antar layer-layer dibagian atas (upper layer) yang dengannya layer-layer yng berada dibawahnya (lower layer) pada jaringan komputer. Setiap layer dibagian atas saling berhubungan serta berkaitan yang dengannya layer bagian bawah serta begitu pula sebaliknya.
2. Service Data Unit (SDU)
SDU ataupun singkatan dari Service Data Unit berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu menanganipaket data diantara layer. Misal: Paket data yng ada pada layer atas menuju pada paket data dilayer bawah pada jaringan komputer.
3. Protocol Data Unit (PDU)
Protocol Data Unit (PDU) berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur pertukaran paket antar komputer pada jaringan
Selain ketiga bagian utama diatas terdapat satu bagian lain yng pula tak kalah penting yakni Protocol Control Information (PCI) yakni bagian yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan kontrol terhadap seluruh berita yng berasal dari protokol serta yng diperoleh oleh protokol.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Bagian - bagian Utama Protokol pada Jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bagian - bagian Utama Protokol pada Jaringan Komputer