Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi dan Komponen VGA Card

- 6/26/2017 11:33:00 AM

Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi dan Komponen VGA Card

 
Feriantano S Education Jumat, 16 Mei 2014 09.02

Pengertian VGA Card


VGA card ataupun nama latinnya Video Graphic Array merupakan sebuah perangkat keras yng melakukan rendering ataupun pemrosesan output berupa visual yng ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator. VGA card berhubungan langsung yang dengannya tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukan bahwasanya bentuk VGA card mirip yang dengannya kartu yng ditancapkan pada slot yng ada pada motherboard komputer. VGA pula mempunyai prossesor yng di sebut GPU (Graphics Processing Unit) serta butuh memory.

Fungsi VGA Card


Fungsi VGA Card merupakan merubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggambar / design graphic maupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain permainan. VGA Card Suka pula disebut Card display, kartu VGA ataupun kartu grafis.

Jenis - Jenis VGA Card


1. VGA Integrated / VGA Onboard
Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi dan Komponen VGA Card - TutorialCaraKomputer.com
VGA Integrated / VGA Onboard merupakan VGA yng telah terpasang pada Mainboard. Kualitas VGA jenis ini taklah begitu tidak jelek alias bagus, akan tetapi andai cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakses program office maupun permainan yng tak terlalu berat. Butuh kita ketahui bersama bahwasanya VGA Onboard itu mengurangi jumlah memori utama/RAM. Contohnya kita memiliki memori 1 Gb serta mempergunakan VGA Onboard 256 Mb, maka jumlah memori yng dipakai oleh system komputer merupakan 1 Gb – 256 Mb ataupun sejenis yang dengannya 1000 Mb – 256 Mb = 744 Mb, kecuali kita mempergunakan Mainboard yng jenisnya autosharing, maka ini bisa membagi penggunaan memori system serta VGA.
Kelebihan yaitu telah satu paket yang dengannya motherboard, menjadikan dipastikan tak akan ada masalah yang dengannya komputer kamu disaat dipakai. Berlebi lagi, VGA card on-board mampu dikatakan gratis. Setiap kamu membeli motherboard, pasti telah terpasang VGA card on-board. Tentu saja ini Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu yng mempunyai budget dibatasi dalam pembelian komputer.
Kekurangannya merupakan VGA card on-board tak mempunyai memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU ataupun laptop kamu yng dikenal yang dengannya RAM bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai oleh VGA. Andai RAM dibatasi, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.
2. VGA Offboard / VGA add-on
Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi dan Komponen VGA Card - TutorialCaraKomputer.com
Adalah VGA yng belum terintegrasi pada mainboard ataupun belu ada VGA pada Mainboard. VGA Offboard kualitasnya lebih baik dari pada VGA Onboard.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk VGA Offboard ada beberapa jenis yng diantaranya :
  1. VGA ISA merupakan jenis kartu VGA yng dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yng masih bersistemkan I/O 8-bit ataupun 16-bit.
  2. VGA EISA merupakan jenis kartu VGA yng dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yng merupakan 32-bit system I/O.
  3. VGA PCI merupakan jenis kartu VGA yng dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yng merupakan 32-bit ataupun 64-bit system I/O.
  4. VGA AGP merupakan jenis kartu VGA yng ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yng merupakan 128-bit ataupun 256-bit system I/O.
  5. VGA PCI Express (PCIe) merupakan jenis kartu VGA yng dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yng merupakan berangkaian seri system I/O nya yang dengannya kecepatan transfernya merupakan mencapai sampai-sampai 32 GByte/s.

Kelebihannya merupakan mampu melakukan pekerjaan rendering berat serta tak “memakan” memori utama ataupun RAM dalam CPU. Proses yng melibatkan grafis tak akan membebani prosesor serta komputer kamu akan lebih cepat dalam memproses sesuatu.
Kelemahannya merupakan harganya tidak murah, malah mampu lebih tidak murah dari seperangkat motherboard ditambah yang dengannya prosesor serta RAM. Selain itu, kelemahan lain-lainnya merupakan membuat komputer kamu butuh tenaga listrik lebih besar dari umumnya. Andai kamu mempunyai power supply yng kapasitasnya tak besar, maka kinerja komputer tak akan normal, menjadikan kamu diharuskan mengganti power supply yang dengannya yng lebih tinggi serta tentu saja ini harganya tak murah.

Komponen VGA Card


1. PCB (Printed Circuit Board)
Pada video card, warna dasar yng dipakai beragam. Mulai dari warna merah, hijau serta kuning keemasan. Ada dua form factor yng dipakai. Kebanykan berukuran standar yang dengannya ketinggian sekitar 99 mm (tinggi bracket sekitar 127 mm) serta lebar yng bervariasi. Ukuran yng lebih mungil, yang dengannya ketinggian setengahnya, dikenal yang dengannya form factor low-profile. Video card semacam ini dipakai semisal pada mini PC. Sesekali didapati beroperasi yang dengannya sebuah riser card.
2. GPU/VPU
Ini dia inti dari sebuah video card. Sebuah IC (integrated circuit), tugasnya semisal CPU pada sebuah mother- board. Ia yng menangani proses 2D serta 3D. Umumnya tertutup oleh heatsink serta fan.
3. Memory
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan yang dengannya RAM/ memory yng terinstalsi pada motherboard, lebih spesifik disebut menjdai video RAM. Kesamaan antara RAM yang dengannya video RAM cukup tidak sedikit. Akan tetapi pada praktiknya, RAM video card lebih-lebih seri-seri high-end, Suka mempergunakan chip memory yng lebih cepat ketimbang RAM motherboard.
4. Bus Interface
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk saat ini, pilihannya cuma ada dua jenis interface. Yakni, AGP (Acce- lerated Graphics Port) serta PCI Express. Sebelumnya pernah sempet dipakai slot ISA serta PCI bagi atau bisa juga dikatakan untuk video card ini.
5. Cooling System
Pernah sempet mempunyai sebuah video card yng percis sekali tak mempergunakan fan pendingin, ataupun malah tanpa heatsink? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk GPU terkini, sebuah hal yng hampir tak mungkin. Yang dengannya clock yng demikian cepat, panas selama beroperasi bisa mencapai suhu yng cukup tinggi. Menjdai berita, suhu pada heatsink pasif (tanpa fan) sebuah video card GeForce FX5200 bisa mencapai kisaran 60°C. Bisa dibayangkan panas yng bisa dihasilkaebuah video card kelas high-end.
6. Display Interface
Kebanykan video card menunjukkan tiga jenis port interface: DVI, VGA serta TV-Out. Serta yng lain, cuma adalah kombinasi minor dari tiga port yang telah di sebutkan. Ada yng menunjukkan dual DVI, bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menghasilkan dua tampilan pada display digital. Ada yng menyertakan fasilitas dukungan output HDTV (high-definition TV), ataupun VIVO (video input video output). Dua yng disebut yang terakhir, umumnya yang dengannya menyertakan fungsi tambahan yang telah di sebutkan pada port video. Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi dan Komponen VGA Card Title: Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi serta Komponen VGA Card Date: 2014-05-16T09:02:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi dan Komponen VGA Card

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi dan Komponen VGA Card