Howard Hathaway Aiken

- 7/07/2017 06:05:00 AM

Howard Hathaway Aiken

 
Howard Hathaway Aiken (lahir di Hoboken, New Jersey, 9 Maret 1900 – meninggal di St. Louis, Missouri, 14 Maret 1973 pada umur 73 tahun) merupakan seorang pionir pada bagian komputer, serta dia adalah insinyur utama dalam pengembangan komputer IBM Harvard Mark I. Aiken menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Wisconsin, Madison, serta menyelesaikan Ph.D. pada bagian fisika di Universitas Harvard pada tahun 1939.
Howard Aiken menyadari bahwasanya satu dari sekian banyaknya tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk
mengurangi kesalahan kita-kita dalam perhitungan merupakan
bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi keterlibatan kita-kita itu sendiri. Aiken berpendapat "Semua kesulitan komputasi ini dapat dihilangkan dengan desain mesin hitung otomatis yang cocok."
Pada masa dia menyelesaikan program doktornya, Aiken menemukan beberapa persamaan diferensial yng cuma bisa diselesaikan secara numerik. Dari sinilah ia mentargetkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat alat komputasi elektro-mekanik yng bisa membantunya menyelesaikan persamaan-persamaan yang telah di sebutkan. Maka pada tahun 1937 ia mengusulkan pembuatan mesin penghitung otomatis. IBM serta Harvard sepakat dalam kolaborasi pembangunan alat komputasi yang telah di sebutkan.
Alat ini awal mulanya disebut menjdai Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC) serta belakangan diberi nama Harvard Mark I. Yang dengannya dibantu oleh Grace Hopper serta pendanaan dari IBM. Selesai pada tahun 1944, komputer karya Howard Aiken "Harvard Mark I" pernah dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu merancang bom atom Amerika.
Harvard_Mark_I
Harvard Mark I
Pada tahun 1947, Aiken menyelesaikan pembuatan komputer generasi selanjutnya yng bernama Harvard Mark II. Versi-versi selanjutnya lantas terus dikembangkan, mulai dari Mark III yng masih sebagian mempergunakan komponen mekanik serta Harvard Mark IV yng sudah semuanya berisi komponen elektronik.
Semisal sudah disebutkan sebelumnya Aiken mendapatkan inspirasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun mesin-mesin yang telah di sebutkan dari mesin Difference Engine milik Charles Babbage yng dikirim oleh Henry Prevost Babbage ke Universitas Harvard.
Pada tahun 1970, Aiken mendapatkan penghargaan Edison Medal dari IEEE atas kontribusinya menjadi pionir dalam pengembangan komputer digital skala besar serta kontribusinya dalam bidang pendidikan komputer digital.
Selain karyanya pada seri komputer Mark, kontribusi penting dari Aiken merupakan pengenalan program master bagi atau bisa juga dikatakan untuk ilmu komputer di Universitas Harvard, selama hampir satu dekade sebelum program mulai muncul di universitas lain.
◄ ► disunting oleh : Khaerudin Noer
Sumber Tulisan atau artikel & Gambar: en.wikipedia.org & computerhistory.org


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Howard Hathaway Aiken

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Howard Hathaway Aiken