Pengertian dan fungsi Kabel UTP Cat 5

- 7/07/2017 03:19:00 PM

Pengertian dan fungsi Kabel UTP Cat 5

 
Kabel UTP adalah kabel jaringan yng terdiri dari delapan buah pin kabel yng dipilin menjadi satu serta setiap pin kabel memiliki warna yng berbeda - beda. kabel UTP umumnya dipasang yang dengannya koneltor RJ-45 yng akan dihubungkan ke LAN Card ataupun perangkat jaringan yng memiliki port RJ-45. Kecepatan kabel UTP 10% lebih cepat dibandingkan yang dengannya kabel coaxial. Pada kabel UTP dikenal yang dengannya standart pengurutan kabel yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk men-standartkan urutan pemasangan kabel. Ada 2 standart yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengurutan warna pada kabel UTP yakni EIA/TIA 568A/568B serta AT&T 258A. Berikut urutan warna pada masing-masing standarisasi.
Standar EIA/TIA 568A/568B
  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
Standar AT&T 258A
  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemasangan kabel UTP bergantung dari perangkat yng akan dihubungkan, yakni Straight ataupun Crossover. Straight dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan 2 perangkat yng berbeda (semisal: Swith yang dengannya komputer) sedangkan Crossover bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan 2 perangkat yng percis (Semisal: komputer yang dengannya komputer)
Mudah-mudahan Tulisan atau artikel ini memberikan manfaat ....

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan fungsi Kabel UTP Cat 5

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan fungsi Kabel UTP Cat 5