Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer

- 7/18/2017 05:14:00 AM

Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer

 
Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol) serta HTTPS (HTTP Secure)
Disaat kita mengakses website tertentu pada browser tentunya sebelum nama domain maka pada url akan terdapat goresan pena http://namadomain ataupun https://www.namadomain. Saat ini yng menjadi pertanyaan apa perbedaan antara http:// serta https://? lantaran kalau kita lihat website-website profesional serta cenderus besar hampir seluruh mempergunakan https://.

Sebelum kita mengetahui perbedaan antara http:// serta https:// kita wajib tahu berlebi dahulu apa itu http serta https. Berikut analisis http serta https secara singkat:
Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan sebuah protocol dalam jaringan komputer yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengiriman paket data kedalam www (world wide web). Selain itu HTTP merupakan sebuah protocol jaringan yng dipakai menjdai komunikasi data dalam dunia internet bagi atau bisa juga dikatakan untuk system berita terdistribusi, kolaboratif serta mempergunakan hypermedia.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer
Pengertian HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)
HTTPS ataupun HTTP Secure merupakan protocol http versi aman ataupun protocol komunikasi yng aman dalam jaringan lantaran http Secure membuat perintah ataupun data yng melalui protocol ini akan dilindungi yang dengannya system encryp (enkripsi data) melalui aneka macam format menjadikan akan menyulitkan para hacker bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencuri berita.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) Pada Jaringan Komputer
Perbedaan HTTP serta HTTPS Pada Jaringan Komputer
1. Port yng dipakai oleh http serta https
Perbedaan utama antara http serta https merupakan terdapat atau terletak pada port yan dipakai. Dasarnya memang port yng dipakai oleh protokol http merupakan port 80 sedangkan port yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk protokol https merupakan port 443.
Baca Pula: Jenis-macam Protocol yng paling Suka dipakai dalam jaringan Komputer
2. Tatacara Kerja dari HTTP serta HTTPS
Selainport yng dipakai perbedaan pula terdapat pada tatacara kerja dari kedua protocol yang telah di sebutkan dalam mengirimkan paket data. Dasarnya memang HTTP serta https sama-sama protokol yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengiriman paket data namun https merupakan versi aman dari http menjadikan mampu diartikan HTTP tak memberikan pengamanan komunikasi anatar komputer server serta komputer client sedangkan https menambahkan pengamanan yng lebih yang dengannya mempergunakan system enkripsi menjadikan antara client serta server bisa berkomunikasi yang dengannya aman.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi Protocol Pada Jaringan Komputer
3. Kelebihan HTTP dibandingkan HTTPS
  • Para pemakain akan terasa lebih aman lantaran data orang-orang akan terlindungi yang dengannya baik yng bisa atau mampu menaikan kepercayaan pengunjung.
  • Mengamankan transaksi yng ada di website yang dengannya enkripsi salah satunya data kartu kredit, password, dll.
  • Website yng mempergunakan https akan memperoleh ranking SEO yng lebih baik dari Google.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Seal di website.



Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perbedaan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)dan HTTPS (HTTP Secure) pada Jaringan Komputer