Ada Lovelace

- 8/30/2017 09:13:00 PM

Ada Lovelace

 
Terlahir yang dengannya nama Augusta Ada Byron, wanita ini dikenal menjdai penulis Inggris ternama yng pernah bekerja bagi atau bisa juga dikatakan untuk Charles Babbages yng era itu tengah mengembangkan Difference engine sebuah Komputer Mekanikal pertama di dunia.
Augusta Ada Lovelace (1815-1852) lahir di london, 10 Desember 1815. Ayahnya bernama Lord George Gordon Byron, serta ibunya bernama Anne Isabelle Milbanke.
George Gordon Byron ataupun Baron Byron ke-6, lebih dikenal menjdai Lord Byron, merupakan seorang penyair Inggris yng pula berperan dalam kemerdekaan Yunani.
Lord George Gordon Byron serta Anne Isabelle Milbanke menikah 2 Januari 1815, akan tetapi orang-orang berpisah pada 16 Januari 1816 (sebulan sesudah kelahiran Ada). Pada 25 april 1816 ayahnya, Lord George Gordon Byron, pergi ke luar negeri. Semenjak itu Ada tak pernah mampu melihat ayahnya lagi. Lord Byron tak pernah kembali lagi ke inggris serta meninggal di Yunani. pada era itu Ada berusia 8 tahun.
Era berumur 18 tahun (tahun 1833), Ada mengunjungi Mechanics Institute bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendengarkan materi kuliah yng disampai kan oleh Dr. Dionysius Lardner mengenai "difference engine", sebuah mechanical calculating machine yng dibuat oleh Charles Babbage. Disaat mendengarkan penjelasan Dr. Dionysius Lardner mengenai mesin yang telah di sebutkan Ada langsung tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempelajarinya lebih mendalam.
Pertemuannya yang dengannya Charles Babbage menjadi awal dari kariernya. Pada 5 juni 1833, Ada bertemu serta berkenalan yang dengannya Charles Babbage di sebuah pesta. Serta sejak era itulah Ada Lovelace serta Charles Babbage menjadi sahabat baik. Ada Suka membantu Babbage membuatkan program bagi atau bisa juga dikatakan untuk diaplikasikan dalam mesin analitik Difference Engine karya Babbage.
Tahun 1834, dia bertemu yang dengannya Mary FairFax Somerville, seorang matematikawan asal skotlandia. Mary Somerville merupakan orang yng memberikan sejumlah buku matematika kepada Ada, memberinya bimbingan wacana study matematikanya serta membuatkannya soal-soal bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipecahkan. Mary Somerville pula memperkenalkan Ada kepada beberapa matematikawan, di antaranya merupakan Lord William King, seorang pria yng akan menjadi suami Ada. Pada 8 Juli 1835, Ada menikah yang dengannya Lord William King, pada era itu Ada berusia 19 tahun serta Lord William King berusia 30 tahun. orang-orang memiliki tiga orang anak yng bernama Byron (lahir tahun 1836), Anne Isabella (lahir tahun 1837) serta Ralph Gordon (lahir tahun 1839). sejak dini anak-anaknya diajari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencintai matematika.
Pada tahun 1842, Babbage pergi ke Turin, Itali bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan ceramah rutinnya mengenai mesin analisis yng ia buat. Satu dari sekian banyaknya dari yng hadir mendengarkan ceramahnya merupakan Luigi Menabrea, seorang matematikawan asal Italia serta seorang duta besar bagi negara perancis. Di tahun yng percis (1842), Ada berupaya menerjemahkan isi ceramah Babbage ke dalam bahasa inggris serta Ada menambahkan beberapa catatan tambahan yng menjelaskan wacana fungsi mesin analisis buatan Babbage itu. Yang dengannya mempergunakan mesin Babbage itu, ada berupaya mengembangkan sebuah program yng bisa menghitung bilangan Bernoulli. Bukan cuma itu, Ada Lovelace pula merekomendasikan agar kartu-kartu berlubang dibuat serta dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengoperasikan mesin hitung buatan Babbage itu menjadikan bisa mengulang pengoperasian tertentu.
Oleh karenanya, Augusta Ada Lovelace dinyatakan menjdai the first woman "computer programmer" serta terkenal lantaran membantu Charles Babbage menangani "the Analytical Engine". Pada era itu Ada telah memperkirakan bahwasanya di masa depan mesin ini bisa memproduksi grafik serta musik yng dibangkitkan oleh komputer.
Kanker rahim serta pendarahan yng dideritanya membuat Ada meninggal dunia pada 27 November 1852 di usia 36 tahun, yng membuat Ada gagal melanjutkan pengembangannya seputar dunia komputer. Atas kontribusinya, pada 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrograman komputernya yang dengannya nama “Ada” menjdai penghormatan pada Ada Lovelace. Selain itu, British Computer Society pada 2008 rutin menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan secara rutin tiap tahunnya serta menamai medalinya yang dengannya nama “Ada”. Setiap pertengahan Oktober, digelar acara “Ada Lovelace Day”, sebuah acara yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengingkatkan kemampuan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, serta matematika.


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Ada Lovelace

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ada Lovelace