Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server

- 9/05/2017 08:20:00 PM

Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server

 
Feriantano S Education Rabu, 08 Januari 2014 14.06 Dynamic Host Configuration Protocol ataupun yng biasa dikenal yang dengannya DHCP merupakan layanan pemberian nomor IP secara otomatis yng diberikan kepada komputer-komputer yng butuh.
Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server - TutorialCaraKomputer.com
Komputer yng memberikan IP (Internet Protocol) kepada komputer yng meminta disebut yang dengannya DHCP Server, sedangkan yng dipinjamkan sebuah nomor IP disebut yang dengannya DHCP Client. Pada sistematis DHCP, Nomor IP yng diberikan kepada client taklah permanen pengertiannya DHCP Server cuma meminjamkan nomor IP kepada Client serta andaikan nomor yang telah di sebutkan telah tak dibutuhkan maka IP yang telah di sebutkan akan dikemabalikan kepada server.

Tips Kerja DHCP Server


DHCP mempergunakan 4 tahapan proses bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan konfigurasi nomor IP. (Andai Client mempunyai NIC lebih dari satu serta butuh no IP lebih dari satu maka proses DHCP dijalankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap adaptor secara sendiri-sendiri)
1. IP Least Request
Client meminta nomor IP ke server (Broadcast mencari DHCP server).
2. IP Least Offer
DHCP server (mampu satu ataupun lebih server andai memanglah ada 2 ataupun lebih DHCP server) yng memiliki nomor IP, memberikan penawaran ke client
yang telah di sebutkan.
3. IP Lease Selection
Client memilih penawaran DHCP Server yng pertama diterima serta kembali melakukan broadcast yang dengannya message menyetujui peminjaman yang telah di sebutkan kepada DHCP Server
4. IP Lease Acknowledge
DHCP Server yng menang memberikan jawaban atas pesan yang telah di sebutkan berupa konfirmasi nomor IP serta berita lain kepada Client yang dengannya sebuah ACKnowledgment. Lantas client melakukan inisialisasi yang dengannya mengikat (binding) nomor IP yang telah di sebutkan serta client bisa bekerja pada jaringan yang telah di sebutkan. Sedangkan DHCP Server yng lain menarik tawarannya kembali.

Kelebihan DHCP Server

  1. Membuat mudah dalam transfer data kepada PC client lain ataupun PC server. DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis serta konfigurasi lain.
  2. DHCP memungkinkan suatu client mempergunakan alamat IP yng tidal mampu dipakai oleh client yng lain.
  3. DHCP memungkinkan suatu client mempergunakan satu alamat IP bagi atau bisa juga dikatakan untuk jangka waktu tertentu dari server.
  4. Menghemat tenaga serta waktu dalam pemberian IP.
  5. Mencegah terjadinya IP conflict.

Kekurangan DHCP Server

  1. Seluruh pemberian IP bergantung pada server, maka dari hal itu andai server mati maka seluruh komputer akan disconnect serta saling tak terhubung.

Metode dalam konfigurasi DHCP

  1. Konfigurasi yang dengannya range secara random otomatis IP.Pemberian IP address kepada client secara random serta bisa berubah-ubah akan tetapi masih dalam range IP address yng ditentukan.
  2. Konfigurasi yang dengannya Fixed alamat IP address.Pemberian IP address yng sifatnya tetap value pada client yng memerlukan data MAC address.
Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server Title: Pengertian, Tips Kerja serta Fungsi DHCP Server Date: 2014-01-08T14:06:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server