Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree

- 9/19/2017 09:21:00 PM

Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree

 
Feriantano S Networking Sabtu, 25 Januari 2014 13.11 Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree - TutorialCaraKomputer.com
Topologi Tree merupakan kombinasi karakteristik antara Topologi Star serta Topologi BUS. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yng dihubungkan dalam satu topologi bus menjdai jalur tulang punggung ataupun backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke HUB, sedangkan HUB lain di hubungkan menjdai jalur tulang punggung.
Topologi jaringan ini disebut pula menjdai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk interkoneksi antar sentral yang dengannya hirarki yng berbeda. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hirarki yng lebih rendah digambarkan pada lokasi yng rendah serta makin keatas memiliki hirarki makin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok dipakai pada system jaringan komputer.

Karakteristik Topologi Tree

Karakteristik yng dimiliki topologi tree mirip yang dengannya Topologi BUS serta Topologi Star. Begitu pula yang dengannya perlengkapan, kabel, serta teknik pemasangan. Oleh karena itu kita tak akan membahasnya lebih detail. Andaikan kabel penghubung antar-hub putus, maka jaringan star masih tetap bisa berfungsi, cuma saja hubungan yang dengannya jaringan star yng lain akan terganggu.

Kelebihan Topologi Tree

  1. Scalable, level-level dibawah level utama bisa menambahkan node baru yang dengannya gampang.
  2. Koneksi terlaksana secara point to point.
  3. Manajemen gampang lantaran gampang melakukan identifikasi serta isolasi kesalahan dalam jaringan.
  4. Gampang di kembangkan.

Kekurangan Topologi Tree

  1. Pada area yng luas susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perawatan jaringan.
  2. Lantaran topologi ini merupakan varian dari topologi BUS maka andai kabel backbone (kabel utama penyedia arus data) rusak maka seluruh jaringan akan down).
  3. Bisa terlaksana tabrakan file data (collision).
  4. Lebih susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkonfigurasi serta memasang kabel dari pada topologi lain.
  5. Andai satu dari sekian banyaknya node rusak, maka node yng berada di jenjang bagian bawahnya akan rusak.
  6. Kabel yng dipakai menjadi lebih tidak sedikit menjadikan dibutuhkan perencanaan yng matang dalam pengaturannya, salah satunya di dalamnya merupakan tata letak ruangan.
Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree Title: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan serta Kekurangan Topologi Tree Date: 2014-01-25T13:11:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree