Pengertian topologi jaringan peer to peer

- 9/25/2017 03:51:00 PM

Pengertian topologi jaringan peer to peer

 
Topologi Peer to Peer merupakan topologi jaringan dalam komputer dimana konsepnya memakai jaringan peer to peer, pengertiannya setiap komputer dalam satu jaringan saling berinteraksi satu percis lain tanpa adanya server menjadikan setiap komputer bisa berfungsi menjdai client ataupun server itu sendiri.
Topologi jaringan peer to peer selalu diidentikkan yang dengannya topologi jaringan bus namun bentuk komunikasi serta koneksinya tak searah semisal halnya yng ada pada topolgi jaringan bus.
Topologi Peer to Peer mempunyai sejumlah kelebihan. Adapun kelebihan yng ditawarkan oleh Topologi Peer to Peer merupakan, menjdai berikut:
  1. Topologi Peer to Peer bersifat lebih independen, dimana setiap komputer dalam jaringan yang telah di sebutkan bisa bertindak sendiri tanpa Perlu ketergantungan pada sebuah server ataupun perangkat penghubung jaringan lain-lainnya (switch, hub)
  2. Setiap komputer dalam topologi peer to peer bisa memberikan file serta mendapatkan file sesuai yang dengannya kebutuhan masing-masing.
  3. Topologi Peer to Peer lebih gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk diimplementasikan lantaran banyaknya dukungan dari perangkat keras serta perangkat lunak model terbaru.
  4. Biaya pengadaan lebih murah lantaran tak memerlukan komputer server ataupun perangkat penghubung jaringan.
  5. Topologi jaringan Peer to Peer tak memberatkan kinerja komputer lain-lainnya, lantaran setiap komputer menyimpan setiap file yng dimilikinya serta bisa dipakai bersama-sama yang dengannya komputer yng lain.
Disamping itu penggunaan topologi Peer to Peer dalam jaringan pula mempunyai kekurangan. Kekurangan-kekurangan yang telah di sebutkan antara lain:
  1. Tingakat keamanan tidak lebih terjamin, lantaran setiap komputer mempunyai system scurity yng berbeda-beda.
  2. Pengaturan serta konfigurasi jaringan peer to peer lebih rumit.
  3. Topologi Peer to Peer mempunyai konsep penyimpanan data pada setiap komputer menjadikan andai satu dari sekian banyaknya komputer mengalami gangguan maka akses data pada komputer yang telah di sebutkan akan terganggu.


Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian topologi jaringan peer to peer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian topologi jaringan peer to peer