Pengertian Multi Processing dan Multi Threading pada komputer

- 2/20/2017 10:38:00 AM

Pengertian Multi Processing dan Multi Threading pada komputer

 
Pengertian Multi Processing pada komputer
Multi Processing merupakan sebuah system yng memungkinkan system operasi bisa mempergunakan lebih dari satu CPU ataupun Central Processing Unit. Multiprocessing ini telah didukung oleh hampir seluruh system operasi yng ada era ini, lantaran selain perkembangan dari system operasi itu sendiri pula lantaran berkembangnya perangkat keras komputer khususnya merupakan processor.
Baca Pula: Pengertian Multi User serta Multi Tasking pada komputer
Komputer bisa memproses data mempergunakan lebih dari CPU menjadikan waktu proses data makin cepat.

Pengertian MultiThreading pada komputer
Multithreading merupakan sebuah system yng memungkinkan setiap program bisa dipecah ke dalam thread-thread yng lantas bisa dijalankan secara terpisah oleh system operasi komputer. Kemampuan semisal ini pula salah satunya dalam multitasking pada software. Selain itu multithreading pula memungkinkan pengeksekusian beberapa thread di lakukan dala satu proses saling membagikan sumber daya akan tetapi dijalankan secara independen.
Model MultiThreading
Sebelum kita mengkaji model-model dari thread ada baiknya kita mengenal dulu terminologi dibawah ini:
1. Thread pemakain merupakan sebuah Thread yng pengaturannya di lakukan oleh pustaka thread pada tingkatan pemakain. Lantaran pustaka yng menyediakan fasilitas bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan serta penjadwalan thread, thread pemakain cepat dibuat serta dikendalikan.
2. Thread Kernel merupakan sebuah thread yng didukung langsung oleh kernel. Pembuatan, penjadwalan serta manajemen thread di lakukan oleh kernel pada kernel space. Lantaran di lakukan oleh system operasi, proses pembuatannya akan lebih lambat andai dibandingkan yang dengannya thread pemakain.
Model-model Multi Threading pada komputer
1. Model Many-to-One dimana Model ini memetakan beberapa thread tingkatan pemakain ke sebuah thread. tingkatan kernel. Pengaturan thread di lakukan dalam ruang pemakain menjadikan efisien. Cuma satu thread pemakain yng bisa mengakses thread kernel pada satu era. Jadi Multiple thread tak bisa berjalan secara paralel pada multiprosesor. Semisal: Solaris Green Threads serta GNU Portable Threads.
2. Model One-to-One dimana model ini memetakan setiap thread tingkatan pemakain ke setiap thread. Ia menyediakan lebih tidak sedikit concurrency dibandingkan model Many-to-One. Keuntungannya percis yang dengannya keuntungan thread kernel. Kelemahan model ini adalah setiap pembuatan thread pemakain memerlukan tambahan thread kernel. Lantaran itu, andai mengimplementasikan system ini maka akan menurunkan kinerja dari sebuah software menjadikan umumnya jumlah thread terbatas dalam system. Semisal: Windows NT/XP/2000 , Linux, Solaris 9.
3. Model Many-to-Many dimana model ini memultipleks tidak sedikit thread tingkatan pemakain ke thread kernel yng jumlahnya tidak banyak ataupun percis yang dengannya tingkatan pemakain. Model ini mengizinkan developer membuat thread sebanyk yng ia mau akan tetapi concurrency tak bisa diperoleh lantaran cuma satu thread yng bisa dijadwalkan oleh kernel pada suatu waktu. Keuntungan dari system ini adalah kernel thread yng bersangkutan bisa berjalan secara paralel pada multiprosessor.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian Multi Processing dan Multi Threading pada komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Multi Processing dan Multi Threading pada komputer