Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT

- 2/20/2017 06:01:00 AM

Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT

 
Feriantano S Education Jumat, 04 April 2014 13.14 Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT - TutorialCaraKomputer.com
Ada dua jenis arsitektur partisi harddisk yng ditawarkan era ini, GPT (GUID Partition Table) serta MBR (Master Boot Record). Masing-masing arsitektur mempunyai pendekatan yng berbeda dalam pemetaan sector harddisk secara pengalamatan fisik/cylinder-head-sector (CHS) ke dalam pengalamatan blok masuk akal/Logical block addressing (LBA).
MBR dikembangkan pada era 80-an, yng mana era itu diterima secara luas serta diadopsi oleh mayoritas system operasi. Akan tetapi skema partisi ini mempunyai ramai sekali kekurangan, di antaranya merupakan ukuran partisi yng dibatasi cuma pada 2 TB (Terabyte).
Sejalan yang dengannya meningkatnya kapasitas cakram penyimpan, sebuah arsitektur partisi baru sudah dikembangkan pada 90an disebut yang dengannya GPT (GUID Partition Table). Selain mengatasi keterbatasan ukuran partisi, GPT pula memberikan jumlah partisi yng lebih tidak sedikit serta lebih fleksibel terhadap mungkin kerusakan data.
GPT awal mulanya adalah bagian dari Extensible Firmware Interface (EFI) alternatif BIOS yng dikembangkan oleh intel bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi keterbatasan tabel partisi MBR yng cuma mempergunakan pengalamatan 32bit. Keterbatasan lain dari MBR merupakan cuma mampu membuat 3 partisi primer serta 1 partisi extended, dimana partisi extended masih bisa dibagi lagi menjadi partisi logical. Yang dengannya GPT mampu mendukung sampai-sampai 128 partisi per disk, dimana ada satu partisi dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk Cakram dinamis, serta satu lagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk EFI-boot. Jadi total masih ada 124 partisi yng mampu dipakai.
Perbedaan skema MBR serta GPT mampu kita lihat dari diagram berikut :
Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT - TutorialCaraKomputer.com Tabel Partisi MBR
Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT - TutorialCaraKomputer.com Tabel Partisi GPT
Mungkin satu dari sekian banyaknya kelemahan terbesar dari skema partisi berbasis MBR merupakan potensi orang-orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk terlaksana kerusakan pada tabel partisi yng berfungsi memetakan sektor fisik ke nomor blok masuk akal. MBR cuma mempunyai 1 tabel partisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melacak seluruh blok di partisi, andai tabel menjadi rusak, akan berimbas ke seluruh disk. Skema partisi GPT mempunyai beberapa cadangan tabel partisi menjadikan andai satu dari sekian banyaknya terdeteksi korup/rusak, akan bisa memperbaiki dirinya sendiri yang dengannya menyalin tabel partisi cadangan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk alasan kompatibilitas, Master Boot Record pada GPT disimpan di LBA0 serta header GPT dimulai dari LBA1. Tipe partisi dari GPT ditandai yang dengannya kode 0xEE yng mencegah aneka macam utility Partisi berbasis MBR bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenali yng mana mampu berpotensi mesusak data.
Walaupun tidak sedikit keuntungan dari skema partisi berbasis GPT, tidak sedikit vendor masih mempergunakan teknologi MBR lantaran masih tidak sedikit dipakai dalam dunia nyata. Skema arsitektur partisi GPT makin ternama yang dengannya keunggulan orang-orang dalam hal ukuran partisi, jumlah partisi, serta ketahanan. Tidak sedikit keuntungan dari Skema partisi berbasis GPT membuatnya menjadi pilihan pengganti yng menarik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pilihan seluruh kembali kepada kamu yng menentukan. Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT Title: Pengertian Dan Perbedaan Partisi MBR serta GPT Date: 2014-04-04T13:14:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Serta Perbedaan Partisi MBR dan GPT