Pengertian dan Fungsi RAM Komputer (Random Acces Memori)

- 3/08/2017 12:35:00 AM

Pengertian dan Fungsi RAM Komputer (Random Acces Memori)

 

Memori RAM merupakan alat elektronik yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan data komputer yng bersifat sementara, serta cuma bekerja pada era komputer hidup saja. Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yakni:
  1. Input storage,berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung input ataupun masukan yng dimasukkan dari alat input.
  2. Program Storage, bagian dari RAM yng berfungsi menjdai penyimpan intruksi program yng akan diakses.
  3. Working Storage, adalah bagian dari memori yng bertugas menyimpan data yng akan diolah serta hasil pengolahan.
  4. Output Storage, berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung hasil akhir dari data yng akan di tapilkan ke perangkat output.
Perkembangan RAM
Pada era ini RAM mempunyai perkembangan yng Amat pesat seiring yang dengannya perkembangan komputer, mulai dari bentuk, model serta kapasitas dari RAM itu sendiri. RAM adalah satu dari sekian banyaknya komponen yng Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer lantaran kapasitas dari RAM Amat berpengaruh pada kecepatan akses komputer, jadi makin besar kapasitas RAM maka makin cepat juga kecepatan akses komputer yang telah di sebutkan. Berikut merupakan perkembangan RAM hingga era ini:
  1. SDRAM (memiliki jumlah pin 168 serta terdapat 2 celah dibagian kakinya yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer Pentium I hingga Pentium 4 model lama. RAM jenis ini telah Amat ditemui lagi lantaran telah diganti yang dengannya model RAM yng baru)
  2. Ranbus RAM (RAM yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer pentium IVyang telah mempunyai fasilitas 2 chanel)
  3. Sybclink DRAM( RAM yng memiliki bandwidth maximum 1600 MB/sec serta memiliki kecepatan 200 MHz.)
  4. DDR serta DDR 2 RAM ( RAm yng memiliki jumlah pin 183 serta cuma terdapat satu celah pada bagian kakinya serta memiliki kecepatan transfer 2 kali lebih cepat dibandingkan yang dengannya SDRAM.)
  5. DDR 3 RAM (RAM generasi terbaru sesudah DDR 2 yng mempunyai kecepatan lebih dibandingkan yang dengannya jenis DDR sebelumnya.)
Hal-hal yng Perlu diperhatikan pada era memasang RAM:
  • Pastikan antara RAM yang dengannya slot yng ada pada motherboard sesuai.
  • Hati-hati era memasang RAM pada slot RAM, apalagi jenis SDRAM lantaran andai terlaksana kesalahan ataupun terbalik pada era pemasangan, RAM mampu patah.
  • Jangan tidak ingat buka pengunci RAM sebelum memasang RAM pada slot RAM
  • Sesudah RAM terpasang jangan tidak ingat kunci RAM yang dengannya pengunci RAM.


Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi RAM Komputer (Random Acces Memori)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi RAM Komputer (Random Acces Memori)