Charles Babbage

- 5/21/2017 12:14:00 PM

Charles Babbage

 
Charles Babbage
Charles Babbage
Nama: Charles Babbage
Lahir: 26 December, 1791 London, Inggris
Wafat: October 18, 1871 (Pada Usia: 79)
Beliau merupakan seorang tokoh polymath (orang yng mengkaji tidak sedikit paham ilmu) berkebangsaan Inggris, ahli Matematika, ekonomi politik, insinyur mesin, filsuf, ilmuwan serta seroang sastrawan. Tak berhenti hingga disitu, putera dari pasangan Benjamin Babbage serta Elizabeth Teape ini pula perintis sinyal mercusuar, penemu oftalmoskop, pencetus ide lokomotif serta perekam "kotak hitam" bagi atau bisa juga dikatakan untuk keretea api, altimeter, detektor seismik, pembuat permainan arcade pertama serta tidak sedikit karya lain-lainnya. Dari sekian tidak sedikit penemuan serta karya ciptaannya yng paling dikenal merupakan yang dengannya merancanng dua mesin komputer mekanik pertama di dunia yng mempergunakan bilangan desimal (0-9) dalam pengoperasiannya serta dinamai yang dengannya Difference Engine 1821-1832 serta The Analytical Engine 1834-1871. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu professor matematika Lucasian di Cambridge ini danggap pula menjdai "Bapaknya Komputer".
DifferentialEngine Difference Engine No.1 1832
Mesin komputer Difference Engine dirancanag bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa membuat tabulasi polinomial, "polinomial merupakan pernyataan matematika yang melibatkan jumlahan perkalian pangkat dalam satu atau lebih variabel dengan koefisien". Mencegah terjadinya kesalahan perhitungan fungsi logaritma serta trigonometri, kedua fungsi yng mempergunakan metode polinomial bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan hasil yng akurat.
Fakta bahwasanya membuat tabel polinomial yang dengannya tatacara tradisional (yang dengannya tangan) tak pernah gampang malah bagi para ilmuwan sekalipun, yang dengannya waktu pembuatan tabel yng lebih lama serta Suka terjadinya kesalahan perhitungan yng tentu bisa merugikan serta bisa menjadi situasi yng mematikan andai diterapkan dalam ke hidup-an sehari-hari. Misalnya, andai sebuah tabel mempunyai cacat perhitungan serta diterapkan pada system navigasi kapal ataupun kereta, itu tentu bisa berakibat fatal serta membahayakan. Atas dasar yang telah di sebutkan Charles Babbage termotivasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan mesin hitung pintar yng bisa membuat table polinomial yang dengannya akurat serta menyimpan data perhitungannya di dalam mesin itu sendiri.
Difference_engine
Difference Engine No.2 1847-1849 http://en.wikipedia.org/wiki/Analytical_Engine
Trial model Analytical Engine 1834-1840 Konsep pembuatan Difference Engine sudah dibuat oleh Babbage sejak tahun 1821, serta pada tanggal 14 Juni 1822 Babbage mengajukan proposal pada Royal Astronomical Society (sebuah lembaga komunitas ilmuwan di inggris) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan dukungan dana pemerintah dalam pembangunan mesin yang telah di sebutkan. Tahun 1823 pemerintah Inggris memberikan Babbage £ 1700 bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali proyek pembuatan Difference Engine No.1. Pada pelaksanaannya project yang telah di sebutkan sudah menghabiskan lebih dari £ 17.000 dana pemerintah hingga tahun 1832. menjdai gambaran Difference Engine No.1 mempunyai tinggi mencapai 8 meter yang dengannya bobot sampai-sampai 15 ton. Mahalnya biaya produksi memicu Difference Engine No.1 tak benar-benar selesai lantaran pemerintah menghentikan dukungan pada proyek yang telah di sebutkan.

Punch Cards Punch Cards
Terhentinya dukungan pemerintah Inggris tak menyurutkan langkahnya, Babbage sudah merancang mesin Analytical Engine menjdai penerus Difference Engine No1, yng dalam pengoperasian mempergunakan Punch Cards (kartu tekan) sebuah metode pemrograman yng mengadopsi tatacara kerja alat tenun mekanis karya Joseph Marie Jacquard yng didapati pada tahun 1800-an.
Disamping itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyempurnaan program pada mesin Analytical Engine karyanya, Babbage pula berkolaborasi yang dengannya matematikawan perempuan bernama Augusta Ada Byron ataupun lebih dikenal yang dengannya Ada Lovelace (tercatat menjdai programmer komputer pertama di dunia). Ada Lovelace merupakan orang yng menerjemahkan deskripsi mesin Analytical Engine yng dibuat oleh matematikawan Italia Luigi Menabrea bagi atau bisa juga dikatakan untuk Charles Babbage.
Analytical Engine pula menjadi pertimbangan Babbage bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat Difference Engine No 2 menjdai penyempurna yng menggabungkan kemampuan serta tatacara yng berbeda dari dua mesin sebelumnya. Maka tak heran andai kita mendapati kemiripan desain antara Difference Engine No 2 yang dengannya Analytical Engine.
Terinspirasi oleh rancangan mesin Difference Engine No.1 milik Charles Babbage, Per Georg Scheutz sorang pengacara Swedia membangun versi lain dari Difference Engine pada tahun 1837 serta selesai pada tahun 1843. Mesin Difference Engine Scheutz ini ditampilkan di World Fair di Paris pada tahun 1855 serta lantas di jual pada pemerintah Inggris pada tahun 1859. Scheutz pula tercatat menjual alat sejenis tahun 1860 pada pemerintah Amerika Serikat.
Difference Engine karya Scheutz ini lantas disempurnakan sampai-sampai bisa atau mampu mencetak tabel logarithma lengkap oleh Martin Wiberg pada tahun 1875.

◄ ► disunting oleh : Khaerudin Noer
Sumber Tulisan atau artikel & Gambar: wikipedia & history-computer.com

Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Charles Babbage

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Charles Babbage