Pengertian IP Address dan Fungsinya Lengkap

- 6/21/2017 11:31:00 AM

Pengertian IP Address dan Fungsinya Lengkap

 

Pengertian IP Address serta Fungsinya - Analisis tulisan atau artikel di artikel ini masih ada hubungannya yang dengannya jaringan komputer yaitu mengenai IP address. IP address ataupun alamat IP ini berkaitan yang dengannya penggunaannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk jaringan internet yng biasa dipakai. Pada biasanya IP address ini dipakai menjdai identitas dari sebuah perangkat yng kita genakan, umumnya peng-inisialannya mempergunakan deretan angka.
Fungsi IP address (internet protocol address) ini pula berkaitan yang dengannya penggunaan DHCP (baca: fungsi dhcp) maupun DNS server (baca: fungsi DNS server). Pada DHCP server, client umumnya akan mendapatkan pengalamatan IP address secara otomatis, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk DNS server IP address dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mensetting pada IPv4. Selain bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggunaan tools tadi, IP pula mempunyai fungsi lain-lainnya.
IP address ini pula mempunyai kelas kelasnya yng telah dikelompokkan. Akan tetapi, sebelum lebih jauh memahami mengenai IP address, kita Perlu tahu apa itu IP address? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan mengenai definisi ip address, fungsi serta pembagian kelasnya dibawah ini.

Pengertian IP Address, Fungsi serta Kelas IP Address Lengkap

Pengertian IP Address, Fungsi dan Kelas IP Address

Pengertian IP Address dalam Jaringan Internet

Apa yng dimaksud IP address? IP Address merupakan sebuah deretan angkat biner mulai dari 32 bit - 128 bit yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengidentifikasian tiap perangkat hostname (komputer/laptop) dalam jaringan internet. Jenis ip address IPv4 ataupun dikenal yang dengannya internet protocol version 4 mempergunakan deretan angka 32 bit, sedangkan jenis ip adress IPv6 ataupun internet protocol version 6 mempergunakan deret angka 128 bit.
Alamat IP address tiap hostname ini berbentuk unik, serta tiap perangkat mempunyai ip address yng berbeda-beda. Jadi, andai kamu mempunyai 2 buah laptop, maka kedua buah laptop itu mempunyai ip address sendiri-sendiri. Mampu disebut punya nama sendiri-sendiri.

Fungsi IP Address dalam Jaringan

Apa fungsi IP Address? Nah, sesudah mengetahui definisi ip adress, selanjutnya mari kita simak penjelasan di bawah ini mengenai kegunaan IP address. IP Address ini mempunyai 2 fungsi yaitu menjdai identitas serta menjdai alamat lokasi hostname. fungsi ip address

1. IP Address menjdai Identitas

Fungsi IP address menjdai identitas erat kaitannya dalam penamaan sebuah perangkat (hostname). Ibaratnya kita-kita mempunyai nama yng dipakai menjdai identitas. Cuman pada komputer ataupun host penamaan ini berupa angka biner antara 32 bit-128 bit.

2. IP Address menjdai Alamat ataupun Lokasi sebuah Host

Fungsi IP address lain-lainnya yaitu menjdai alamat ataupun lokasi sebuah host berada. Fungsi ini dia yng paling tidak sedikit dipakai umumnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mentransfer data ataupun sebuah file baik itu melalui penggunaan DHCP server, penggunaan DNS serta sebagainya. Kamu mau mengetahui berapa IP address kamu? Coba cek disini : https://whatismyipaddress.com/

Pembagian Kelas IP Address

kelas ip address pembagian kelas ip address Didasari tabel di atas, pembagian kelas ip address bisa kita lihat yang dengannya seksama yaitu :

Kelas A

Kelas IP address tipe A ini terdiri dari 8 bit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk network ID serta 24 bit bagi atau bisa juga dikatakan untuk host ID. Oktet pertama mulai dari angka 1-126, bit pertama 0 (nol), serta jumlah network 126 dan jumlah ip address 16juta lebih.

Kelas B

Kelas IP address tipe B ini terdiri dari 16 bit bagi atau bisa juga dikatakan untuk network ID serta 16 bit bagi atau bisa juga dikatakan untuk host ID. Oktet pertama mulai dari angka 128-191, 2 bit pertama 10, jumlah network 16ribuan lebih serta jumlah ip address 65ribuan lebih.

Kelas C

Kelas IP address tipe C terdiri dari 24 bit bagi atau bisa juga dikatakan untuk network ID serta 8 bit bagi atau bisa juga dikatakan untuk host ID. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk 3 bit pertama merupakan 110, oktet pertama 192-223, jumlah network 2jutaan lebih serta jumlah ip address 254.

Kelas D

Kelas IP address tipe D ini tak mengenal network ID ataupun host ID lantaran mempunyai system multicasting. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bit pertama merupakan 1110, oktet pertama 224-239, bit cadangan 18 bit sedangkan bit-bit lain-lainnya mampu diatur sesuai keperluan multicast pada grupnya.

Kelas E

Kelas IP address tipe D ini tak mengenal network ID ataupun host ID lantaran mempunyai system multicasting. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bit pertama merupakan 11110, oktet pertama 240-255, pada kelas E ini umumnya dipakai menjdai ruang alamat cadangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk percobaan/eksperimental. Demikian analisis jaringan komputer mengenai pengertian ip address, fungsi serta kelas kelasnya lengkap. Yang dengannya ini mudah-mudahan pemahaman kamu mampu lebih mendalam mengenai jaringan komputer. Masih ada ramai sekali info mengenai pandan komputer laptop yng akan kami share disini. Tunggu update terbaru artikel-artikel dari kami. Terima beri

Source Article and Picture : panduankomputer-laptop.blogspot.com

Seputar Pengertian IP Address dan Fungsinya Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian IP Address dan Fungsinya Lengkap