Tips Cara Merawat Hard Disk Internal Maupun Eksternal

- 6/02/2017 10:28:00 AM

Tips Cara Merawat Hard Disk Internal Maupun Eksternal

 
Feriantano S Cara Tricks Kamis, 13 Maret 2014 14.52 Tips Cara Merawat Hard Disk Internal Maupun Eksternal - TutorialCaraKomputer.com
Hard Disk adalah hardware yng Amat penting mengingat fungsinya menjdai tempat penyimpanan data. Akan tetapi perawatan hardware penting ini mampu disebut taklah gampang. Andai anda mempergunakan serta merawatnya yang dengannya tatacara yng tak benar, maka tingkat resiko terjadinya kerusakan Hard Disk sangatlah tinggi. (Baca : Pengertian, Tips Kerja, Komponen serta Fungsi Hard Disk)

Cara Tips Merawat Hard Dsik Internal Ataupun Eksternal


1. Pilih Hard Disk Sesuai Yang dengannya Kebutuhan
Memilih Hard Disk yng sesuai yang dengannya kebutuhan adalah tatacara ampuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi kerusakan yng terlaksana. Andai anda mempergunakan Hard Disk bagi atau bisa juga dikatakan untuk pekerjaan yng cukup berat ataupun yng berhubungan yang dengannya IT saya sarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan HDD diatas kapasitas 500GB yang dengannya kecepatan 7200 RPM. Akan tetapi andai sebaliknya anda cuma mempergunakan Hard Disk bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegiatan normal semisal browsing, hiburan, serta kegiatan ringan lain-lainnya cukup mempergunakan HDD dibawah 500GB yang dengannya kecepatan 5400 RPM ataupun lebih.
2. Jangan Terlalu Suka Install Ulang
Jangan bermain-main yang dengannya install ulang. Proses install ulang Amat berhubungan yang dengannya keawetan Hard Disk lantaran Hard Disk bekerja yang dengannya Amat kerasa disaat proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu Suka melakukan install ulang andai memanglah tak dibutuhkan.
3. Genakan Stabilizer Ataupun Stavolt
Komputer yng terlalu Suka mati tiba-tiba lantaran putusnya listrik ataupun turunnya tegangan cuma akan memperpendek umur Hard Disk. Andai Hard Disk yng sedang melakukan proses menulis serta membaca data dipaksa bagi atau bisa juga dikatakan untuk berhenti lantaran mati tiba-tiba, maka piringan dalam Hard Disk mampu menjadi rusak. Tak cuma itu, data-data anda yng ada didalamnya pula bakal ikut terancam.
4. Genakan Laptop Di Atas Meja
Selalu biasakan mempergunakan laptop di meja ataupun obyek lain yng datar serta keras. Hal ini penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kestabilan posisi laptop. Mempergunakan laptop di atas pangkuan berpotensi memperpendek umur Hard Disk lantaran piringan yng berputar didalamnya menjadi tak stabil akibat goncangan ataupun goyangan secara terus menerus.
5. Genakan Anti Virus
Antivirus bisa atau mampu membuat Hard Disk anda lebih sehat lantaran banyak sekali virus yng menimbulkan banyak sekali masalah di Hard Disk. Antivirus pula mampu menjaga anda dari banyak sekali masalah yng cuma mampu diselesaikan yang dengannya melakukan install ulang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu pastikan anda mempergunakan antivirus yng up to date serta mempunyai license resmi baik itu license gratis maupun berbayar.
6. Defrag Hard Disk
Seiring yang dengannya penggunaan, data-data di Hard Disk akan mengalami fragmentasi serta membuat performa Hard Disk menurun. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan fragmen yang telah di sebutkan maka anda butuh melakukan defrag disaat dibutuhkan. Anda mampu melakukannya disaat fragmentasi telah mencapai diatas 10%. Akan tetapi usahakan jangan terlalu Suka melakukan defrag lantaran hal ini pula mampu mengurangi umur Hard Disk andai di lakukan secara berlebihan.
7. Hapus Data Yng Tak Butuh
Sebaiknya anda secara rutin menghapus data yng tak butuh serta menguninstall software yng telah tak dipakai. Hal ini penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penggunaan space di Hard Disk menjadikan Hard Disk tak bekerja terlalu keras.
Itulah tatacara merawat hard disk internal ataupun eksternal. Langkah-langkah diatas penting di lakukan andai anda tak ingin kehilangan data penting ataupun mengeluarkan biaya besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganti Hard Disk yng rusak. Tips Cara Merawat Hard Disk Internal Maupun Eksternal Title: Cara Tips Merawat Hard Disk Internal Ataupun Eksternal Date: 2014-03-13T14:52:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Tips Cara Merawat Hard Disk Internal Maupun Eksternal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Cara Merawat Hard Disk Internal Maupun Eksternal