Pengertian Open Source beserta kelebihan dan kelemahannya

- 7/14/2017 04:17:00 AM

Pengertian Open Source beserta kelebihan dan kelemahannya

 
Pengertian Open Source
Open Source adalah sebuah istilah yng dipakai dalam sofware komputer yng berguna bebas, pengertiannya memungkinkan pemakain lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka source code dari program menjadikan bisa mengetahui yang dengannya terperinci tips kerja dari software yang telah di sebutkan. Selain siapa saja boleh merubah serta memperbaiki malah diperbolehkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan software yang telah di sebutkan agar mendapatkan kinerja yng lebih baik.
Software Open Source adalah buah dari rapat yng diprakarsai oleh Netscape, penggagas Software Open Source merupakan Eric S. Raymond, Crhistine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall serta Sam Ockman yang dengannya pelopornya Richard Stallman pada tahun 1998. Software open source mulai berkembang pesat sesudah lahirnya system operasi linux yng bisa diperoleh secara gratis diinternet ditengah merajalelanya system operasi keluarga windows yng mengusung lisensi close source. Kesuksesan dari software open source pula tak lepas dari peran komunitas yng gemar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkaji serta mengembangkan software berbasis open source.
Kelebihan Serta Kekurangan Software Open Source.
Berikut adlah kelebihan serta kelemahan yng dimiliki oleh software open source:
Kelebihan Software Open Source:
  • Software Open Source umumnya dikembangkan oleh suatu lembaga ataupun komunitas yng ahli dibidangnya secara bersama-sama menjadikan masalah yng didapati mampu yang dengannya cepat teratasi.
  • Fitur yng tidak sedikit serta kompleks serta mempunyai kemampuan yng baik.
  • Software Open Source berlisensi GPL (General Public Licence) menjadikan pemakain tak dikenakan biaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk software yang telah di sebutkan.

Kekurangan Software Open Source
  • Tampilan dari software open source cenderung rumit bagi user pemula
  • Beberapa software open source mempunyai kinerja tidak lebih baik dari software close source.
  • Pemula Suka menemui kesulitan dalam instalasi serta penggunaan software open source.

Semisal program yng berbasis open source:
  1. System Operasi (OS) Bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer : Linux (debian, ubuntu, mint, slackware, backtrack, open suse)
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Smartphone : Android, Firefox OS
  3. Perangkat lunak : GIMP, InkScape, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE, XAMPP, mozilla Firefox, VideoLAN, LibreOffice, Filezilla, OpenOffice, Mplayer, dll

Mudah-mudahan tulisan atau artikel perihal Pengertian open source ini mampu berguna.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian Open Source beserta kelebihan dan kelemahannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Open Source beserta kelebihan dan kelemahannya