Cara Mudah Memeriksa / Mengetes Power Supply Komputer (ATX)

- 2/05/2017 05:55:00 AM

Cara Mudah Memeriksa / Mengetes Power Supply Komputer (ATX)

 
Satu dari sekian banyaknya komponen utama dalam perangkat komputer merupakan Power supply, tanpa power supply tentu komputer tak akan bisa digunakan/ dijalankan.
Disaat sebuah desktop komputer bermasalah, misalnya mati total, Suka ngehang, ataupun Suka restart sendiri penyebabnya mampu bermacam-macam, di antaranya mampu lantaran power supply yng bermasalah/rusak. Sebelum kita menyatakan sebuah power supply rusak yng lantas Perlu diganti baru, tentunya kita Perlu yakin berlebi dahulu bahwasanya power supply yang telah di sebutkan sudah rusak.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui apakah sebuah power supply ATX rusak ataupun tak (ATX merupakan Advanced Technology eXtended, yakni jenis power supply yng umum dipakai pada setiap desktop komputer pada era ini), kita bisa mengeceknya yang dengannya mengukur Voltage (tegangan) pada setiap terminal outputnya mempergunakan Volt meter / AVO meter ( Amphere,Volt, Ohm).
Mengukur/mengetes suatu Power supply ATX mempergunakan AVO meter memanglah akan didapatkan hasil yng akurat, namun memerlukan waktu yng lebih lama lantaran Perlu mengukur setiap terminal output satu persatu, (+3,3V, +5V, +12V, -5V, -12V), serta kita Perlu mengerti mengenai tegangan, arus listrik serta penggunaan AVO meternya. Tentu tak seluruh orang mampu melakukannya.
Ada tatacara yng lebih gampang, cepat serta praktis. Era ini telah tidak sedikit beredar tool/alat yng dikhususkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek sebuah power supply ATX, namanya yakni Power Supply Tester.
Penggunaannya sangatlah gampang, cukup yang dengannya menancapkan output konektor dari power supply ATX ke konektor alat ukur (Power supply tester), maka lampu indikator LED pada Power supply tester yng mewakili masing-masing tegangan akan menyala bila tegangannya benar, mati bila tak ada tegangan.


Konektor bagi atau bisa juga dikatakan untuk supply listrik ke harddisk/DVD ROM, pula mampu kita cek, bagi atau bisa juga dikatakan untuk ATA maupun SATA,


Amat praktis khan.. dibanding yang dengannya mempergunakan AVO meter.
Alat ini telah tidak sedikit beredar silakan googling saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat spek lengkap nya, serta di toko-toko komponen komputer telah tidak sedikit dijual, harganya pula tak terlalu tidak murah, saya beli sekitar Rp 40 ribuan..
Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Posting lain-lainnya ;
• Merubah Notes Outlook menjadi File Text (Notepad)
• Tatacara Setting Time bagi atau bisa juga dikatakan untuk Mini(Spy)Camera
• Copy Memopad Blackberry ke Komputer
• Menjalankan Windows 8 di Netbook


Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Cara Mudah Memeriksa / Mengetes Power Supply Komputer (ATX)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Memeriksa / Mengetes Power Supply Komputer (ATX)