Pengertian, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsi Model OSI Layer

- 5/17/2017 02:03:00 AM

Pengertian, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsi Model OSI Layer

 
Feriantano S Education Minggu, 22 Desember 2013 08.46 Pengertian, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsi Model OSI Layer - TutorialCaraKomputer.com
Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yng menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk industri komputer agar komputer bisa berkomunikasi pada jaringan yng berbeda secara efisien.
OSI merupakan standar komunikasi yng diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar itulah yng memicu seluruh alat komunikasi bisa saling berkomunikasi melalui jaringan.
Model Layer OSI dibagi dalam dua group :
1. Upper layer
Upper layer fokus pada applikasi pemakain serta bagaimana file direpresentasikan di komputer. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Network Engineer, bagian utama yng menjadi perhatiannya merupakan pada “lower layer”.
2.Lower layer
Lower layer merupakan intisari komunikasi data melalui jaringan aktual.
OSI yng adalah singkatan dari Open Systems Interconnect mempunyai tujuh buah layer yng dirinci menjdai berikut:
  1. Application Layer
  2. Presentation Layer
  3. Session Layer
  4. Transport Layer
  5. Network Layer
  6. Data Link Layer
  7. Physical Layer

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih lengkap nya dalam 7 lapisan OSI layer bisa membaca 7 Lapisan OSI Layer Beserta Fungsinya.

Tatacara Kerja Model OSI Layer


Disaat data ditransfer melalui jaringan, sebelumnya data yang telah di sebutkan Perlu melewati tujuh layer dari satu terminal, mulai dari layer software hingga physical layer, kemudiandi sisi penerima, data yang telah di sebutkan melewati layer physical hingga software. Pada era data melewati satu layer dari sisi pengirim, maka akan ditambahkan satu “header” sedangkan pada sisi penerima “header” dicopot sesuai yang dengannya layernya. Dari masing-masing layer memiliki tugas tersendiri demi kelancaran data yng akan dikirimkan.

Sejarah Model OSI Layer


Dahulu pada era 70-an, tidak sedikit perusahaan software yng membuat System Network Architektur (SNA), yng antara lain IBM, Digital, Sperry, burough dsb. Tentunya masing-masing perusahaan yang telah di sebutkan membuat aturan-aturan, sendiri yng satu percis lain tak percis, misalkan IBM mengembangkan SNA yng cuma memenuhi kebutuhan komputer-komputer mempergunakan SNA produk IBM ingin dihubungkan yang dengannya SNA produk digital tentunya tak mampu, hal ini penyebabnya yaitu protokolnya tak percis .
Menghadapi fakta ini, lantas The International Standard Organization (ISO) pada sekitar tahun 1980-an, meluncurkan sebuah standar model rujukan yng berisi tips kerja serangkaian protokol SNA. model rujukan ini selanjutnya dinamakan Open System Interconnection (OSI). Model Rujukan OSI terdiri dari 7 buah bagian / layer yng masing-masing layer memiliki tugas sendiri-sendiri. dikarenakan OSI terdiri dari 7 jenis layer, maka model rujukan OSI seringkali disebut OSI 7 Layer.

Fungsi Model OSI Layer


Tujuan utama penggunaan model OSI merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yng berhubungan yang dengannya sirkulasi komunikasi data.Salah satunya jenis-jenis protoklol jaringan serta metode transmisi. Model dibagi menjadi 7 layer, yang dengannya karakteristik serta fungsinya masing-masing. Tiap layer Perlu bisa berkomunikasi yang dengannya layer di atasnya ataupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol serta standard.
Fungsi dari tiap‐tiap layer yng berhubungan yang dengannya sirkulasi komunikasi data. Salah satunya jenis-jenis protoklol jaringan serta metode transmisi. Model dibagi menjadi 7 layer, yang dengannya karakteristik serta fungsinya masing‐masing. Tiap layer Perlu bisa berkomunikasi yang dengannya layer di atasnya ataupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol serta standard. Pengertian, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsi Model OSI Layer Title: Pengertian, Tatacara Kerja, Sejarah serta Fungsi Model OSI Layer Date: Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsi Model OSI Layer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Cara Kerja, Sejarah dan Fungsi Model OSI Layer