Analisa yang harus Dilakukan Sebelum Membangun Sebuah Server

- 7/10/2017 12:34:00 PM

Analisa yang harus Dilakukan Sebelum Membangun Sebuah Server

 
1. Analisa Kebutuhan Perangkat Lunak Server
Sebelum membangun sebuah server yng akan terhubung ke jaringan yang dengannya target user yng Amat besar, ada beberapa hal yng Perlu diperhatikan agar nantinya server akan bisa atau mampu melayani seluruh komputer client yng akan terhubung ke jaringan.
Kebutuhan dalam kaitannya yang dengannya pengembangan komputer server adalah sebuah kondisi ataupun kemampuan yng diharapkan ada pada komputer server serta dimau-kan oleh user. Komputer server adalah sebuah komputer yang dengannya kemampuan yng lebih dibandingkan yang dengannya komputer biasa yng didalamnya terinstal system operasi jaringan, yng sengaja dibangun bagi atau bisa juga dikatakan untuk melayani aneka macam komunikasi data dari komputer client. Komputer klien biasanya merupakan komputer yang dengannya system operasi klien baik desktop maupun mobile.
Analisa kebutuhan server diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui server semisal apa yng akan dibangun nantinya. Penentuan kebutuhan akan system operasi jaringan bisa diketahui yang dengannya memahami user yng akan mempergunakan system yang telah di sebutkan. System yng dipilih diharapkan adalah system yng bisa atau mampu menjalankan seluruh kebutuhan software yng dimau-kan oleh user, salah satunya didalamnya perangkat keras yng mendukung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan hal yang telah di sebutkan. Kecocokan perangkat keras serta perangkat lunak yng ada dalam system komputer ini biasa dikenal yang dengannya istilah kompatibilitas.

Baca Pula: Pengertian serta Jenis-macam System Operasi Jaringan
Identifikasi Kebutuhan App
System operasi yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk server Perlu system operasi yng kompatibel ataupun support yang dengannya aneka macam software yng ada didalamnya. Ini bisa di lakukan melalui identifikasi aneka macam kebutuhan software dari user. Andai akan dipakai dalam jaringan, identifikasi pula kompatibilitasnya yang dengannya system operasi lain-lainnya. Kompatibilitas ini bisa diketahui melalui tipe jaringan yng dipakai. Jaringan Linux bisa atau mampu menghubungkan aneka macam distro linux salah satunya pula dari aneka macam versi dari system operasi Windows serta Mac Os.
Baca Pula: Jenis-macam Processor Komputer
Berikut adalah tatacara yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan system operasi paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk perangkat server sesuai kebutuhan user.
  1. Apakah ada kebutuhan pengolahan data yang dengannya software khusus? Bila ada maka penentuan system operasi bisa dilihat didasari software khusus yang telah di sebutkan.
  2. Apakah aplikasi-aplikasi yang telah di sebutkan mendukung lingkungan multi-user ataupun user tunggal? Ini bisa menentukan apakah akan diinstall di komputer server ataupun client. Selain itu ini bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan bagian mana dari pengolahan data kelak yng mampu disimpan di server.
  3. Apakah ada data (file) yng dibagi dalam jaringan? Andai ada, maka sebaiknya mempergunakan system operasi jaringan yng bisa atau mampu melindungi kompatibilitas format data-nya. Menjdai semisal, andaikan dalam jaringan ada kegiatan membagikan dokumen teks semisal file berekstensi .doc, maka server bisa menyediakan software semisal LibreOffice ataupun WPS Office bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa dipakai oleh user bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka file yang telah di sebutkan salah satunya pula menyediakan layanannya semisal server FTP.

Dokumentasi Spesifikasi Kebutuhan
Hasil dari seluruh analisa kebutuhan server baik kebutuhan dari pemakain (user) serta kebutuhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk software lain-lainnya selanjutnya dibuatkan dokumentasi yakni dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak server.
Review (Uji) Kebutuhan
Langkah ini diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh sinkronisasi akhir sebelum spesifikasi kebutuhan perangkat lunak benar-benar diterapkan pada server. Hal ini pula dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengecekan terhadap kebutuhan menjadikan hasil nya mampu membangun server sesuai yang dengannya kebutuhan dari user.
2. Analisa Kebutuhan Perangkat Keras Server
Analisa Kebutuhan Perangkat Keras Server ini adalah tindak lanjut dari analisa kebutuhan perangkat lunak dari server. Dari aplikasi-aplikasi serta perangkat lunak yng sukses diindentifikasi pada tahap analisa kebutuhan perangkat lunak, kita akan bisa mengetahui seberapa besar spesifikasi komputer server yng akan dipakai. Ini mulai dari jumlah memori (RAM), media penyimpan (harddisk), kecepatan prosesor serta spesifikasi lain-lainnya sesuai software server yng akan dijalankan.
Tahapan dalam menentukan kebutuhan perangkat keras ini tak jauh berbeda yang dengannya pada era menentukan software server, yaitu mulai dari identifikasi kebutuhan perangkat keras dari setiap software yng akan dipakai, dilanjutkan yang dengannya membuat dokumentasi serta melakukan review (pengujian).
Identifikasi Kebutuhan Perangkat Keras
Pada tahapan ini setiap software server akan dianalisa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan seberapa besar kebutuhan minimal bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa diinstal pada komputer server. Berita ini umumnya diberikan oleh situs pengembang dari software yng bersangkutan, misalnya Xampp, Ftp serta lain-lain. Semuanya didata lantas diolah sedemikian rupa menjadikan spesifikasi yng ditentukan bisa atau mampu mencakup seluruh kebutuhan minimal yng ada.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Analisa yang harus Dilakukan Sebelum Membangun Sebuah Server

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Analisa yang harus Dilakukan Sebelum Membangun Sebuah Server