Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer

- 1/31/2017 05:53:00 AM

Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer

 
Pengertian SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer
Secure Socket layer ataupun biasa disingkat yang dengannya SSL merupakan sebuah protocol pada layer transport yng mempergunakan algoritma berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk keamanan yang dengannya system otentikasi mempergunakan sertifikat, enkripsi, pemeriksaan integritas serta algoritma pertukaran kunci sesi pada jaringan. SSL akan memungkinkan komunikasi antara WWW-server serta WWW-client mampu berkomunikasi secara aman serta terenkripsi menjadikan para hacker akan kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencuri data.

Protokol SSL tak mampu berjalan sendiri dalam mengamankan data melainkan butuh protokol lain yakni protokol HTTPS ataupun HTTP Secure. Dimana HTTP Secure ini merupakan protokol HTTP versi aman yng memungkinkan data yng melewati protokol HTTPS bisa dienkripsi.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi HTTP pada Jaringan Komputer
Kelebihan SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer
SSL menunjukkan beberapa tingkat keamanan yng akan membantu administrator mengamankan data yng dikelola. Ada tiga tingkat keamanan yng ditawarkan oleh SSL yakni:
1. Authentication Yang dengannya system ini memungkinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa memastikan pesan yng diterima berasal dari orang ataupun user yng memanglah tersurat. 2. Confidentiality Yang dengannya system ini memungkinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menjaga pesan dari orang-orang yng tak berhak bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca pesan yang telah di sebutkan selama pesan yang telah di sebutkan dikirimkan (dalam lalu lintas data. 3. Integrity Yang dengannya system ini bisa memastikan bahwasanya pesan yang telah di sebutkan asli serta tak mengalami perubahan data selama dalam perjalanan pengiriman.
Baca Pula; Pengertian serta Fungsi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) Pada Jaringan Komputer
Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer
SSL ataupun Secure Socket Layer berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan infrastruktur komunikasi standar yng memungkinkan sebuah aplikasidapat mempergunakan infrastruktur yang telah di sebutkan yang dengannya gampang serta hampir tak terlihat. SSL pula menyediakan otentikasi yng Amat aman. Mekanisme otentikasi dasar semisal password Telnet serta otentikasi HTTP dasar menjadi Amat kuat disaat mempergunakan SSL dibandingkan yang dengannya TCP biasa, di mana pada SSL password tak lagi dikirim dalam bentuk plainteks. SSL mengenkripsi koneksi, bukan data pada kedua pihak yng berkomunikasi, serta tak memiliki kandungan mekanisme bagi atau bisa juga dikatakan untuk otentikasi user maupun perlindungan password (cuma koneksi yng diotentikasi, keamanannya akan gagal andai mesin pada kedua pihak yng berkomunikasi compromised).

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket layer) Pada Jaringan Komputer