Pengertian, Sejarah dan Fungsi Processor

- 4/30/2017 03:47:00 AM

Pengertian, Sejarah dan Fungsi Processor

 
Feriantano S Education Minggu, 18 Mei 2014 09.06 Pengertian, Sejarah dan Fungsi Processor - TutorialCaraKomputer.com
Processor Suka disebut menjdai otak serta pusat pengendali komputer yng didukung oleh kompunen lain-lainnya. Processor merupakan sebuah IC yng mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer serta dipakai menjdai pusat ataupun otak dari komputer.
Processor terdapat atau terletak pada socket yng sudah disediakan oleh motherboard, serta bisa diganti yang dengannya processor yng lain asalkan sesuai yang dengannya socket yng ada pada motherboard. Satu dari sekian banyaknya yng Amat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer bergantung dari jenis serta kapasitas processor.
Prosesor merupakan chip yng Suka disebut “Microprosessor” yng sekarangukurannya telah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran yang telah di sebutkan merupakan hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data ataupun berita. Merk prosesor yng tidak sedikit beredar dipasaran merupakan AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, serta Intel.
Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3, yakni :
1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Aritcmatics Logical Unit merupakan satu dari sekian banyaknya bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan operasi hitungan aritmatika serta logika.
2. Control Unit (CU)
Control Unit merupakan satu dari sekian banyaknya bagian dari CPU yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yng di lakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU yang telah di sebutkan.
3. Memory Unit (MU)
Memory Unit merupakan alat penyimpanan kecil yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan data serta instruksi yng sedang diproses.Memori ini bersifat sementara umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan data era diolah maupun data bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengolahan selanjutnya.

Sejarah Processor


Pada masa dahulu bentuk processor di pasang secara slot, akan tetapi era ini, bentuk processor semuanya di pasang secara socket. Pada era ini terdapat dua perusahaan besar processor yakni Intel serta AMD. Bentuk luar dari keduanya hampir percis yakni berbentuk segiempat serta memiliki tidak sedikit pin. Fungsi Processor Intel yng tak mempunyai pin yakni socket LGA775, sebaliknya motherboard yng lain memiliki pin connector bagi atau bisa juga dikatakan untuk di hubungkan yang dengannya processor.
System Operasi dari processor komputer ataupun CPU merupakan sebuah sirkuit elektronika yng beroprasi yang dengannya kecepatan tinggi yang dengannya bantuan quartz crystal, disaat mengalami sebuah electrical currant, mengirimkan pulsa yng disebut ”peaks“ serta clock speed (cycle). Frekuensi clock biasanya adalah kelipatan dari frekuensi system ( FSB , Front-Side Bus ), yng berguna kelipatan dari frekuensi motherboard.
Jumlah bit dalam fungsi processor bervariasi sesuai yang dengannya jenis data, mulai dari 1 serta 4 byte 8-bit. Instruksi bisa dikelompokkan didasari kategori, di antaranya Access Memory, Operasi Aritmatika, Logika Operasi serta Pengendalian.

Fungsi Processor


Fungsi Processor dalam komponen komputer Amat penting sekali, lantaran processor adalah pusat pengendali serta memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya cuma berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproses data yng di terima dari masukan ataupun input, lantas akan menghasilkan keluaran ataupun output.
Tips kerja processor akan terus terhubung yang dengannya komponen komputer yng lain-lainnya, lebih-lebih hardisk serta RAM. Fungsi Processor pula di gambarkan menjdai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan ataupun output yng sepatutnya. Processor pula dikenal menjdai Central Processing Unit ataupun ringkasan CPU.
Processor cuma bisa mengenali bahasa mesin yakni yang dengannya notasi bilangan biner yng cuma berupa 2 angka saja yakni 0 serta 1 (01010101). Bilangan biner adalah notasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tak terdapat sinyal listrik serta bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
Pada awal mulanya fungsi processor cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengolahan aritmatika saja, semisal kalkulator pada era ini. Akan tetapi saat ini ini processor sudah bergeser fungsinya mengarah ke multimedia. Pengertian, Sejarah dan Fungsi Processor Title: Pengertian, Sejarah serta Fungsi Processor Date: 2014-05-18T09:06:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Sejarah dan Fungsi Processor

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Sejarah dan Fungsi Processor