Pengertian Wide Area Network (WAN)

- 7/08/2017 02:24:00 PM

Pengertian Wide Area Network (WAN)

 
Feriantano S Networking Selasa, 28 Januari 2014 13.36 Pengertian Wide Area Network (WAN) - TutorialCaraKomputer.com
Wide Area Network (WAN) merupakan sebuah jaringan yng mempunyai jarak yng Amat luas, lantaran radiusnya mencakup sebuah negara serta benua. WAN mempergunakan sarana fasilitas transmisi semisal telepon, kabel bawah laut maupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, hingga 625 Mbps (ataupun kadang-kadang lebih). Faktor khusus yng memberi pengaruh desain serta performance-nya terdapat atau terletak pada siklus komunikasi, semisal jaringan telepon, satelit ataupun komunikasi pembawa lain-lainnya.
Pada sebagian besar WAN, komponen yng dipakai dalam berkomunikasi umumnya terdiri dari dua komponen, yakni kabel transmisi serta elemen switching. Kabel transmisi berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalihkan bit-bit dari suau komputer ke komputer lain-lainnya, sedangkan elemen switching disini merupakan sebuah komputer khusus yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi ataupun lebih. Era data yng dikirimkan hingga ke kabel penerima, elemen switching Perlu memilih kabel pengirim bagi atau bisa juga dikatakan untuk meneruskan paket-paket data yang telah di sebutkan.
Andai dilihat dari fungsinya, sebetulnya WAN tak jauh berbeda yang dengannya LAN. WAN pula berfungsi percis semisal LAN mengkoneksikan antar komputer, printer serta pula device lain-lainnya dalam satu jaringan. WAN dasarnya memang merupakan kumpulan LAN yng ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan antara LAN yang dengannya WAN serta device yang telah di sebutkan merupakan router.

Kelebihan WAN

  1. Membagikan berita/file melalui area yng lebih besar.
  2. Seluruh orang yng ada di jaringan ini bisa mempergunakan data yng percis.
  3. Memiliki system jaringan yng besar/luas menjadikan bisa atau mampu menjangkau Negara, benua, malah seluruh dunia.
  4. Andai terkoneksi yang dengannya jaringan internet transfer file pada tempat yng jaraknya jauh mampu di lakukan secara cepat.
  5. Bisa membagikan resources yang dengannya koneksi workstations.

Kekurangan WAN

  1. Biaya operasional tidak murah.
  2. Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih susah serta rumit, selain itu alat-alat yng diharapkan pula Amat tidak murah.
  3. Memerlukan Firewall yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan batas pemakain luar yng masuk serta bisa mengganggu jaringan ini.
  4. Rentan terhadap hacker ataupun ancaman dari luar lain-lainnya.
Pengertian Wide Area Network (WAN) Title: Pengertian Wide Area Network (WAN) Date: 2014-01-28T13:36:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian Wide Area Network (WAN)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Wide Area Network (WAN)